Perlu Tahu, Ini Dia Aplikasi Vaksinasi Untuk Pendaftaran dan Monitoring

Posted on

Vespa-indonesia.com – Saat ini dunia sedang berduka dikarenakan sebuah pandemi yang sedang terjadi saat ini. Siapa sangka yang tadinya wabah ini disepelekan menjadi bencana serius untuk umat manusia. Covid-19 itulah wabah yang sedang meracuni kehidupan dunia saat ini.

Banyak masyarakat khawatir akan wabah ini dikarenakan gejalanya yang sudah tidak asing lagi. Seperti halnya hidung tersumbat, batuk, pusing dan sesak nafas. Sebelumnya, gejala tersebut hanyalah dikenal gejala biasa yang sering disebut sebagai flu.

Akan tetapi, setelah datangnya wabah ini masyarakat menjadi panik sehingga banyak yang menduga telah terkena wabah ini. Sebenarnya, penyakit ini dapat kita lawan dan hindari dengan menjaga kesehatan serta menjaga kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat melawan dan menolak virus yang masuk dalam tubuh kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah tidak tinggal diam dalam menangkalnya. Saat ini, pemerintah telah menyiapkan vaksin anti covid-19 yang akan disebarkan kepada seluruh masyarakat. Akan tetapi, apakah kamu tahu sebelumnya apa itu vaksin?

Vaksin adalah bahan antigenetik yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan terhadap suatu penyakit.Tujuan dari diadakannya vaksin adalah sebagai pencegah atau mengurangi penyebaran infeksi suatu penyakit. Sehingga, dengan diberikannya vaksin covid-19 ini, dapat mencegah penyebarannya dari satu individu ke individu lainnya.

Namun, untuk melakukan pendataan, pendaftaran, dan pemantauan pemerintah telah mengeluarkan aplikasi yang akan membantu hal tersebut. Ada beberapa aplikasi yang digunakan demi mendukung pendistribusian vaksin-19 tersebut.

Jadi, kamu wajib untuk mengetahui aplikasi apa saja yang akan digunakan sebagai pemandu untuk proses vaksinaasi yang akan dilakukan. Penasaran apa aplikasinya? Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini.

Aplikasi Vaksinasi Untuk Pendaftaran dan Monitoring

1. Peduli Lindungi

Aplikasi Peduli Lindungi adalah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Kominfo yang memiliki keunggulan dalam tracking, tracing dan fencing yang akan digunakan sebagai registrasi ulang bagi masyarakat yang telah mendapat vaksin.

Dengan adanya aplikasi ini, pemerintah bisa memantau siapa saja yang telah mendapat vaksin covid-19 ini. Hal ini dilakukan, agar tidak ada masyarakat yang menerima vaksinasi secara berulang. Sehingga proses distribusi vaksin ini dapat dilakukan secara akurat.

2. Primary Care

Aplikasi Primary Care adalah aplikasi yang digunakan oleh BPJS kesehatan yang berguna sebagai fasilitas kesehatan sejak 2014. Aplikasi ini juga akan digunakan sebagai pendataan dari pelaksanaan vaksinasi covid-19.

Primary Care hanya akan digunakan untuk melakukan pencatatan dari hasil vaksinasi yang telah dilakukan. Sehingga dengan adanya aplikasi ini, pemerintah bisa mendapatkan laporan dari proses vaksinasi yang dilakukan secara legal.

3. Smile

Aplikasi Smile adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan dan United Nations Development Program (UNDP). Aplikasi ini berfungsi sebagai monitoring dalam proses pendistribusian vaksinasi yang akan dilakukan.

Dengan adanya aplikasi ini, pemerintah dapat memantau proses penyebaran vaksin agar dapat akurat dan tepat. Aplikasi ini sangat membantu pemerintah untuk memudahkan proses pemantauan vaksinasi yang akan dilakukan.

Dapat disimpulkan, bahwa beberapa aplikasi tersebut sangat penting untuk kamu ketahui untuk membantu proses penyebaran vaksin dalam pendaftaran, pendataan dan monitoring. Untuk keamanan dari aplikasi ini pemerintah sudah menjamin bahwa semua data pasien akan aman.

Jadi, tunggu apalagi segera install aplikasi tersebut karena sangat membantu kamu dalam melakukan vaksinasi nanti. Jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi ini. agar yang lainnya tahu bahwa pemerintah telah mengeluarkan aplikasi tersebut untuk mempermudah proses vaksinasi yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *